dailyvideo

62 PSK Diajar Mengaji

62 PSK Diajar Mengaji

Mereka tak lagi menor, berpakaian terbuka, apalagi mengedipkan mata kepada siapa saja yang lewat. Mereka justru memakai jilbab dan bersikap kalem.

Enam puluh dua pekerja seks komersial (PSK) di Kawasan Dupak, Bangunsari, Surabaya Utara, dituntun salat, mengaji, dan belajar agama.
Kegiatan ini hasil kerja sama MUI Jatim, Pemprov Jatim, Pemkot Surabaya, dan Yayasan Waqaf Al-Quran Hidayatullah.
Acara tersebut bertujuan memberi kesibukan pada para PSK yang tidak pulang selama Ramadhan dan Idulfitri.
Tujuan jangka panjang kegiatan ini adalah mengurangi jumlah PSK serta membantu mengentaskan mereka dari lembah hitam. "Sebagian sudah tidak asing lagi, sebab mereka sudah tahu dasar-dasar agama.  Tetapi, ada juga yang masih bingung mengikuti petunjuk pengajar," kata Sekretaris MUI Jatim, Muhammad Yunus.
Tidak hanya diajak belajar agama, para PSK juga diberi bingkisan, mukena, Alquran, dan sembako. "Itu bertujuan untuk mengurangi jumlah dan mengentas mereka secara bertahap," terang Yunus.
Guna memantau perkembangan mental dan spriritual, sejumlah dai juga diterjunkan mendampingi PSK di kawasan Dupak Bangunsari, Gang Dolly, Jarak, Tambak Asri, Sememi, dan Klakahrejo.
Diharapkan, pada tahun 2014 nanti semua PSK dan mucikari di Surabaya bisa beralih profesi. Terkait itu, pemerintah kota diharapkan bisa menyiapkan modal usaha bagi mereka.
Untuk diketahui, pada tahun 2010, di enam lokalisasi di Surabaya terdata ada sebanyak 2.231 orang PSK. Sekitar 1.145 orang beroperasi di Dolly dan lokalisasi Jalan Jarak yang bermukim di 320 wisma.
Sementara di kompleks Dupak Bangunsari terdapat 200 orang PSK dan 71 orang Mucikari. Juga ada tujuh rumah karaoke serta enam panti pijat. "Bulan depan ada 30 orang PSK yang siap dipulangkan, dan akan memulai berwiraswasta," kata Yunus. (*/vn)

Posted by Target News on 22.10. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 comments for 62 PSK Diajar Mengaji

Leave comment

Recent Entries

Recent Comments

Photo Gallery